Pembelajaran pada anak usia dini memerlukan media pembelajaran yang inovatif untuk memaksimalkan perkembangannya khusunya pada aspek bahasanya.
Tujuan dari penelitian ini untuk menciptakan rancang bangun dan mengetahui validitas media Game Education berbasis multimedia interaktif pada aspek bahasa untuk anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE.
Subjek yang terlibadat dalam penelitian ini berjumlah 5 diantaranya ahli isi pembelajaran 1 orang, ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran 1 orang, dan 3 orang anak usia dini pada uji perorangan. Metode pengumpulan data adalah kuesioner. Data diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil uji validitas menurut ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran memperoleh rata-rata skor 89% dengan kualifikasi baik, dan uji coba perorangan memperoleh skor 93% dengan kualifikasi sangat baik.
Jadi dapat disimpulkan bahwa produk media Game Education berbasis multimedia interaktif pada aspek bahasa ini layak digunakan untuk anak usia dini. Implikasi dari penelitian ini adalah produk Game Education ini dapat menjadi solusi atas permasalahan pada pembelajaran daring, karena media ini bersifat fleksibel dan bisa membuat pembelajaran menjadi lebih bervariasi.
Berbasis HTML
Perkembangan teknologisaat ini menuntun kita untuk mengikuti arus perkembangan zaman, Di masa sekarang banyak anak-anak yang menggunakan ponsel pintar (smartphone): Tablet, Ipad dan lain sebagainya. multimedia interaktif dikembangkan atas dasar asumsi bahwa proses komunikasi didalam pembelajaran akan lebih bermakna (menarik minat anak-anak dan memberikan kemudahan untuk memahami materi karena penyajiannya yang menarik). multimedia interaktif juga dapat diartikan sebagai kombinasi berbagai unsur media yang terdiri dari teks, grafis, foto,animasi,video dan suara yang disajikan secara interaktif dalam media pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar